Opini

UKT Mahal, Pelajar Berprestasi Terganjal

118
×

UKT Mahal, Pelajar Berprestasi Terganjal

Sebarkan artikel ini

Solusi Pendidikan
Islam memandang, pendidikan adalah suatu kebutuhan pokok yang menjadi tanggung jawab negara sehingga biayanya akan ditanggung oleh negara.
Semua individu rakyat berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa menikmati pendidikan pada berbagai jenjang, mulai dari sekolah dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi.

Untuk pembiayaannya, didalam islam yang dikenal dengan negara khilafah islam akan mengambil dari kas negara yaitu baitul mall. Kekuatan baitul mall ini, lahir dari pengaturan yg begitu rapi dan apik sebagai mana yang Rasulullah contohkan.

Pemasukan Baitul mall diperoleh dari harta kepemilikan umum yang dikelola oleh negara, seperti tambang minerba, migas, FAI, kharaj, jizyah dan dhariba. Rakyat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk masalah pendidikan.

Islam telah menjadikan pendidikan sebagai salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat, sehingga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat harus dipenuhi oleh pemerintah. sabda Nabi Muhammad Saw” imam (pemimpin) adalah pengembala, ia bertanggung jawab terhadap gembalaanya
( HR Al-Bukhari ).

Oleh karena itu pendidikan yang layak dan bahkan gratis sudah seharusnya dirasakan oleh rakyat menjadi tanggung jawab negara, semua itu hanya ada jika negara menerapkan seluruh aturan islam dalam seluruh aspek kehidupan.
Negara akan betul -betul menjamin pendidikan gratis bagi seluruh rakyatnya .

Disamping itu realisasi pembiayaan pendidikan oleh negara yakni berupa pembangunan, infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan, anggaran yang mensejahterakan untuk gaji pegawai dan tenaga pengajar, serta asrama dan kesehatan hidup para pelajar juga menjadi tanggung jawab negara sepenuhnya, hal ini hanya akan terwujud jika syariah islam diterapkan dalam seluruh kehidupan.
Wallahu a’lam bishawwab….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *