Opini

UKT Akan Melonjak Drastis, Islam Punya Solusi

138
×

UKT Akan Melonjak Drastis, Islam Punya Solusi

Sebarkan artikel ini

Islam sebagai agama yang sempurna mengatur semua aspek kehidupan manusia, dalam Islam, pemimpin adalah perisai dan penjaga rakyat, bertanggung jawab atas kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, dan keamanan umat. Allah Swt. berfirman:
“Wahai orang-orang yang beriman! apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

Rasulullah saw bersabda “menuntut ilmu adalah wajib atas setiap Muslim dan Muslimat (HR. Ibnu Majah)
Atas perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, Islam menjadikan pendidikan sebagai salah satu kebutuhan primer rakyat yang disediakan oleh negara dengan biaya terjangkau bahkan gratis, karena Islam memiliki sistem ekonomi yang mampu menggerakan berbagai sektor terutama yang dibutuhkan masyarakat termasuk pendidikan. Setiap individu berhak menikmati pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Visi misi pendidikan dalam Islam bertujuan membentuk generasi berkepribadian Islam, menjadikan para pemimpin yang melayani, menerapkan, mendakwahkan Islam ke seluruh penjuru dunia, membangun peradaban Islam seperti di masa kejayaannya selama 14 abad yang lalu. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *