Opini

Tersebarnya Hukum Barat ke Negeri Kaum Muslimin

72
×

Tersebarnya Hukum Barat ke Negeri Kaum Muslimin

Sebarkan artikel ini

Oleh: Nurhasanah

Aktivis Muslimah

 

Sejak Rasulullah hijrah ke Madinah, hukum-hukum Islam diterapkan. Kemudian penerapannya dilanjutkan oleh khulafaurasyidin dan para khalifah setelahnya. Dan penerapan hukum Islam berakhir seiring runtuhnya kekhilafahan Islam pada 1924 akibat penjajahan oleh Inggris, Prancis, dan Rusia yang dibantu Mustafa Kemal Attaturk laknatullah.

Ketika terjadi kemunduran pada masa akhir Kekhalifahan Utsmani, negara-negara Barat, seperti Inggris dan Prancis melakukan ekspansi dan imperialisme ke negeri-negeri Muslim yang jauh kontrolnya dari kekhalifahan Islam. Mereka, membawa dua jenis sistem hukum yang digunakan di wilayahnya, yaitu sistem hukum Romawi atau Civil Law System oleh Eropa Kontinental dan sistem hukum Inggris atau Common Law System.

Terminologi civil law yang berasal dari karya Raja Justinianus dari Romawi, Corpus Juris Civilis yang dianut negara-negara Eropa kontinental dan digunakan pada masa Romawi dan Jerman. Saat Prancis memenangkan perang dengan Belanda, Belanda membawa hukum itu ke negeri-negeri jajahannya, begitu pula Prancis terhadap negeri jajahannya.

Maka, wilayah Muslim yang menerapkan civil law antara lain Turki, beberapa negara Arab, Afrika Utara, Madagaskar, dan Indonesia. Sedangkan common law yang berasal dari Inggris, dipraktikkan di Pakistan, Iran, Irak, Brunei Darussalam, Malaysia, Yaman, Yordania, Inggris, India, Afganistan, dan lain-lain. Untuk wilayah Timur Tengah, penerapan sistem hukumnya tergantung dari siapa yang menjajahnya. Akibatnya, Islam pun tidak lagi dijadikan law system di seluruh negeri Muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *