Berita

Tangan Dingin Emiko, Kaum Perempuan Punya Panggung di Kabupaten Solok

71
×

Tangan Dingin Emiko, Kaum Perempuan Punya Panggung di Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

Nusantaranews.net – Tangan Dingin Emiko, Kaum Perempuan Punya Panggung di Kabupaten Solok, “Ibuk..selamat datang buk,” ucap sejumlah ibu-ibu antusiasnya sambil menyalami Emiko.

Wanita ramah senyum itu balik menyapa kaum hawa yang menunggunya di Nagari Koto Gaek, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok pada akhir Mei lalu.

Terik matahari tak memudarkan niatnya bertemu warga. Justru membakar semangat bundo asal Nagari Singkarak itu.
Emiko memang dikenal ramah, dan mudah senyum. Dibalik keanggunan sosok bundo kanduang, ibu dari 6 orang anak itu dikenal dekat dengan kaum emak-emak dan anak-anak.

Terlahir dari keluarga sederhana mengajarkannya untuk mandiri, bertanggung jawab, jujur, pandai, dan benar, seperti halnya sifat bundo kanduang di Minangkabau.

Bagi Emiko, hidup adalah harapan, memupuk impian agar berguna bagi keluarga, agama dan bangsanya.
Prinsip ini sudah ia mulai dari keluarganya. Butuh kerja keras, hingga ia sukses mengatarkan anak-anaknya mencicipi jenjang pendidikan dan berkarir.

Gerak Emiko semakin terlihat ketika ia dilantik menjadi Ketua TP-PKK Kabupaten Solok pada 26 April 2021. Sosok keibuannya yang kuat, Emiko berhasil mengubah peran kaum hawa tampil di panggung sosial masyarakat.

Bukan sekedar mengajak, ia menanamkan prinsip perempuan harus punya andil besar terutama dalam keluarganya.
Dan ini bisa digambarkan, bahwa sosok istri atau ibu dapat menggerakkan seluruh keluarga baik suami, ayah dan anak-anaknya untuk tampil dan aspek kehidupan.

Ia meyakinkan, ide dan gagasan para perempuan tak dipandang sebelah mata.
Emiko sosok pendobrak stigma gender. Ia berhasil merangkul masyarakat dari nagari ke nagari, untuk menguatkan peran perempuan dalam pembangunan.

Terbukti, salah satu peran terwujudnya kemandirian nagari, Kabupaten Solok dua kali meraih juara umum PKK tingkat Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *