Opini

Salah Tangkap Tersangka Pembunuhan Vina Cirebon

122
×

Salah Tangkap Tersangka Pembunuhan Vina Cirebon

Sebarkan artikel ini

Oleh : Nina Iryani

 

Tuduhan dan hukuman seharusnya diberikan pada orang yang benar-benar bersalah. Itu pun setelah terbukti otentik dari mulai pemeriksaan, pengadilan hingga dijatuhi hukuman.

Sayangnya prosedur penangkapan bisa sampai salah bahkan viral diberbagai media sosial. Banyak kasus terjadi, orang yang tidak bersalah menjadi korban salah tangkap bahkan menuai penganiayaan hingga trauma mental dialami orang yang tidak bersalah.

Dilansir dari Tempo. Co. Jakarta- mantan narapidana kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016. Saka Tatal mengaku menjadi korban salah tangkap. Terdakwa dengan vonis 8 tahun penjara dan kini sudah bebas itu bersuara setelah kasus pembunuhan Vina Cirebon tersebut kembali mencuat. Saat peristiwa terjadi, kata dia, dirinya tengah berada di rumah.

Sesaat sebelum ditangkap, Saka mengaku disuruh oleh pamannya untuk mengisi bahan bakar motor di stasiun pengisian. Namun saat dirinya kembali sudah ada polisi yang menunggu. Tanpa ada penjelasan, dia kemudian ditangkap dan dibawa ke Polres Cirebon kota. Tak hanya salah tangkap ia juga mendapat kekerasan fisik agar mengakui perbuatan yang tidak diperbuatnya.

Allah SWT berfirman:

“Ingatlah, laknat Allah (ditimpakan) kepada orang yang zalim.”
(TQS. Al-Hud ayat 18).

Allah juga berfirman:

“Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zalim, ‘rasakanlah olehmu azab neraka yang dulu kamu dustakan.”
(TQS. Saba ayat 40).

Allah pun berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak beruntung.”
(TQS. Al-An’am ayat 21).

Rasulullah SAW bersabda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *