Opini

Rakyat Butuh Jaminan Keselamatan Dalam Perjalanan

120
×

Rakyat Butuh Jaminan Keselamatan Dalam Perjalanan

Sebarkan artikel ini

Kecelakaan lalu lintas sering sekali terjadi di berbagai daerah di negri ini. Salah satunya kecelakaan yang menimpa Bus Trans Putera Fajar, yang saat itu membawa rombongan guru dan para siswa dan siswi SMK Lingga Kencana, Kota Depok. Kecelakaan ini menyebabkan belasan penumpangnya luka-luka, mulai luka ringan, luka berat, bahkan 11 orang harus kehilangan nyawanya. Kecelakaan maut ini terjadi di Jalan raya Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang pada hari Sabtu,11 Mei 2024.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Jules Abraham Abast menjelaskan kecelakaan bermula saat bus melaju dari arah selatan menuju utara pada jalan yang menurun, oleng ke kanan. Kemudian menabrak kendaraan merek Feroza dari arah berlawanan. “Kemudian terguling miring ke kiri, posisi ban kiri di atas dan terselusur sehingga menabrak tiga kendaraan jenis roda dua yang terparkir di bahu jalan,”katanya. Kendaraan bus terhenti setelah menabrak tiang yang ada di bahu jalan arah Subang menuju Bandung tepat di depan Masjid As Saadah, imbuh beliau.

Kecelakaan ini tentu,meninggalkan duka mendalam bagi banyak orang, terutama para orang tua korban dan keluarga. Menurut fakta di lapangan ada banyak beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan maut itu bisa terjadi. Mulai dari Bus yang tidak mempunyai izin angkutan, rem blong, dan masih dugaan penyebab lain yang masih dalam penyelidikan polisi.

Dari fakta di atas, muncullah berbagai pertanyaan, salah satunya. “Siapa sebenarnya yang bertanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan perjalanan transportasi?. Baik itu perjalanan di darat, laut, maupun udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *