Opini

Polemik Kenaikan UKT

165
×

Polemik Kenaikan UKT

Sebarkan artikel ini

Dalam Islam, pendidikan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang menjadi tanggung jawab negara, sehingga biaya pun ditanggung oleh negara.

Negara islam memliki sumber pemasukan yang banyak sehingga akan mampu menyediakan Pendidikan berkualitas dengan biaya murah bahkan gratis.

Pendidikan tinggi dalam Islam bertujuan untuk membangun kapasitas keilmuan, bukan memenuhi tuntutan industri. Sehingga, rakyat tidak dibiarkan membayar biaya pendidikan yang sangat mahal.

Negara dalam sistem Islam Khilafah, biaya pendidikan diambil dari milkiyyah ammah dan pos pendapatan negara lainnya yang sudah barang tentu bukan dari pajak barang dan jasa, karena itu haram hukumnya.

Jadi, rakyat sama sekali tidak dibebani untuk membiaya pendidikan. Namun, Islam juga memberikan kesempatan bagi rakyat yang muslim untuk berkontribusi harta di dunia pendidikan, tapi sifatnya hanya sunah, tidak sampai wajib. Kontribusi itu disebut wakaf dan sedekah.

Demikianlah Islam mengatur segala aspeknya secara lengkap dan sempurna. Seluruh umat akan merasakan kesejahteraan dengan penerapan Islam dalam naungan negara.

Islam yang diterapkan suatu negara merupakan solusi praktis atas berbagai masalah kehidupan saat ini, termasuk dalam pembiayaan dunia pendidikan.

Wallahua’lam bishawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *