Berita

Penilaian Lapangan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024

50
×

Penilaian Lapangan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Nusantaranews.net – Penilaian Lapangan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024, Kamis (4 Juli 2024) di Jorong Padang Belimbing Nagari Koto Sani Kec X Koto Singkarak.

Dihadiri Bupati Solok diwakili Kepala DPMN : Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kab. Solok diwakili Ketua Bidang 4 Wilma Montezi, Kepala OPD, Camat X Koto Singkarak Chrismon Darma, S.IP, Camat se-Kabupaten Solok, Ketua TP-PKK Kecamatan X Koto Singkarak, Forkopimcam, Walinagari Koto Sani, Ketua TP-PKK Nagari Koto Sani, Pengurus TP-PKK Kab. Solok, Tokoh-tokoh Masyarakat Nagari Koto Sani dan Para Kader Posyandu Terintegrasi Sayang Bunda.

Tim Penilai dipimpin oleh Ibu Quantita Evari Hamdiana, SKM, MM Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat.

Kepala DPMN menyampaikan permintaan maaf dari Bupati Solok yang berhalangan hadir bersama kita pada hari ini, kita harapkan hal ini tidak mengurangi khidmat kegiatan kita pada hari ini.

Sebelumnya kita telah melaksanakan penilaian melalui ekspose Kader Posyandu Terintegrasi Sayang Bunda dan berhasil masuk ke posisi 6 besar tingkat provinsi, kita berharap pembuktian (kunjungan) di lapangan nantinya bisa lebih baik dari gambaran yang disampaikan disaat ekspose sebelumnya.

Posyandu merupakan salah bentuk upaya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dari/oleh dan untuk masyarakat dalam mempercepat upaya peningkatan kesehatan, hal ini penting sekali kita laksanakan demi mencegah peningkatan angka kematian ibu dan anak.

Kegiatan Posyandu ini diselenggarakan oleh Ibu-ibu Bundo Kanduang yang ada di setiap Nagari/Desa, hal ini memperlihatkan bahwa peran wanita sangat berpengaruh dalam pembangunan di negeri kita.

Melalui Posyandu kita berharap bisa mewujudkan generasi muda yang sehat dan cerdas demi suksesnya bonus demokrasi menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua Bidang 4 TP-PKK Kab. Solok menyampaikan ucapan terimakasih Ketua TP-PKK Kab. Solok kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan terkhusus bagi para Kader Posyandu Terintegrasi Sayang Bunda yang telah mengantarkan Kabupaten Solok menjadi 6 besar di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Harapan kami melalui penilaian pada hari ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para kader posyandu di Kabupaten Solok untuk berbuat dan berkontribusi lebih baik guna mewujudkan cita-cita Kabupaten Solok menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Perkembangan posyandu di Kabupaten Solok selalu bergerak dari waktu ke waktu terjadi peningkatan serta yang menggambarkan upaya posyandu di Kabupaten Solok cukup berkontribusi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini posyandu telah berintegrasi dengan kelompok sasaran baik dari balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, pasangan usia subur, wanita subur, remaja dan lansia yang tersebar di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.

Dalam pelaksanaan Posyandu di Kabupaten Solok telah dibentuk kepengurusan Pokjanal Posyandu dari tingkat kabupaten hingga nagari dengan melibatkan seluruh OPD dan TP-PKK di Kabupaten Solok.

“Kami berharap kepada tim penilai disamping memberikan penilaian juga dapat memberikan pembinaan kepada kami sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas posyandu di kabupaten Solok kedepannya,” jelasnya.

Di tengah Kegiatan juga diramaikan dengan penampilan Yel-yel oleh para Kader Posyandu Sayang Bunda di Nagari Koto Sani.

Ketua Tim Penilai Lapangan Lomba Kader Posyandu Berprestasi Quantita Evari Hamdiana, SKM, MM menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Walinagari beserta Masyarakat Nagari Koto Sani yang telah berhasil memasuki Nominasi 6 Besar Kabupaten pada Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Terimakasih kepada kader posyandu atas semangat dan kontribusinya yang luar biasa, kita harap hal ini juga memberikan semangat bagi tim penilai sehingga dapat memberikan penilaian yang terbaik bagi Posyandu Sayang Bunda,” katanya.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba, namun juga kita jadikan evaluasi dan pembinaan para kader posyandu sehingga dapat terimplementasi di lapangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menilai dan mendorong kader posyandu, Pokjanal dan masyarakat untuk dapat mengenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian Ekspose Kader Posyandu Berprestasi oleh Ketua Pokjanal Posyandu Nagari Koto Sani oleh Wakil Ketua Mai Mirda dan diakhiri dengan peninjauan lapangan Posyandu Terintegrasi Sayang Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *