Opini

Pengangguran di Kalangan Gen Z Kian Meningkat

93
×

Pengangguran di Kalangan Gen Z Kian Meningkat

Sebarkan artikel ini

Dalam sistem Kapitalisme, negara hanya bertindak sebagai regulator untuk memudahkan dan memuluskan investasi para kuasa modal, termasuk menyetujui berbagai persyaratan yang mereka ajukan, salah satunya adalah mengijinkan mereka membawa tenaga kerja dari negaranya. Artinya, negara tidak memberikan kesempatan kerja pada rakyatnya sendiri. Bahkan penduduk yang berada di area industri itu pun mereka tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Ini menunjukkan bahwa negara berlepas tanggung jawab dalam menjamin kesejahteraan terhadap rakyatnya yaitu dengan memberikan atau membuka lapangan pekerjaan kepada mereka .

Solusi Islam Mengatasi Pengangguran

Berbeda dengan sistem Kapitalisme yang menjadikan negara hanya sebagai regulator, Islam justru memandang bahwa negara memiliki peranan penting dan vital dalam mengurus, mengatur, dan menyelesaikan berbagai persoalan rakyat, termasuk persoalan ketenagakerjaan. Sebab negara berfungsi raa’iin, sebagaimana hadis Rasulullah saw.:
“Imam atau pemimpin itu adalah ibarat penggembala (raa’iin). Ia bertanggung jawab terhadap pengaturan urusan rakyatnya.” (HR. Bukhari Muslim).

Sebagai pengurus dan pelindung maka negara akan mencegah terjadinya pengangguran. Negara berkewajiban memberikan pendidikan yang memadai dalam menciptakan manusia individu-individu yang mempunyai skill yang memadai dan memiliki kepribadian Islam yang tangguh. Selanjutnya, negara akan memberikan dukungan kepada laki-laki yang sudah balig untuk bisa bekerja, dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang halal dan luas. Oleh karena itu, negara akan mengerahkan segala upaya menggali semua SDA yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam rangka memfasilitasi lapangan pekerjaan seperti pertanian, industri, perikanan, perkebunan, pertambangan, dan lain sebagainya. Di samping itu, negara akan memberikan modal usaha bagi rakyatnya yang ingin berwirausaha berupa uang, lahan, sarana, dan prasarana lainya yang mereka butuhkan. Adapun bagi orang yang lemah yang sudah tidak mampu lagi untuk bekerja maka negara akan memberikan santunan, untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyatnya, sehingga mereka dapat mengarungi kehidupan ini sebagaimana yang disyariatkan Allah SWT.

Hanya Islam yang dapat menyelesaikan segala permasalahan di dunia ini sehingga akan memberikan jaminan kepada generasi Gen Z untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkannya.

Wallahu’alam bishawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *