Opini

Pemenuhan Kebutuhan Rumah Rakyat dalam Sistem Kapitalis vs Islam

132
×

Pemenuhan Kebutuhan Rumah Rakyat dalam Sistem Kapitalis vs Islam

Sebarkan artikel ini

Sistem liberal kapitalisme telah mengomersilkan hajat rakyat, yang seharusnya dijadikan prioritas negara dalam pemenuhannya. Kini fungsi negara tidak lebih sekadar sebagai pemalak bagi rakyat atas nama jaminan, pajak, dan sebagainya.

Hal di atas dapat disimpulkan, jika sistem yang ada saat ini tidak mungkin memberi solusi menyeluruh dalam menyelesaikan urusan rakyat. Lantas apakah masih logis berharap pada sistem demokrasi kapitalisme ini?

Alternatif terbaik untuk penyelesaian urusan manusia hanya ada dalam Islam. Kembali pada aturan Islam yang sempurna, memberikan solusi secara menyeluruh dalam jaminan pemenuhan semua kebutuhan rakyat.

Dalam sistem Islam, sandang, pangan, dan papan berupa perumahan adalah kebutuhan asasi individu tiap rakyat. Dimana penjaminnya secara tidak langsung di tangan negara.

Oleh sebab itu sudah seharusnya negara memfasilitasi cara pemenuhannya, agar mudah dijangkau oleh rakyat. Negara pula pun harus memberikan jaminan kepada rakyat khususnya laki-laki dewasa agar mampu memenuhi tiga kebutuhan asasi di atas dengan membuka lapangan kerja yang luas, guna memberi kesempatan kerja bagi para kepala rumah tangga. Iklim usaha yang kondusif bagi semua rakyat, upah yang layak sebagaimana tenaga dan waktu yang telah dikeluarkan juga menjadi prioritas negara untuk mewujudkannya.

Hingga bagi para pemimpin rumah tangga tentu tidak serumit saat ini pikirannya, jika keberadaan negara sudah menjalankan fungsinya dengan menjamin fasilitas rakyat. Gaji yang didapat akan mencukupi saat harus memenuhi kebutuhan papan berupa rumah yang layak huni bagi setiap orang.

Islam menjadikan negara sebagai pengurus urusan rakyat, dan wajib melayani serta memenuhinya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: “Imam (Khalifah) adalah qpengurus dan ia bertanggung jawab atas (urusan) rakyatnya. (HR. Bukhari)

Pemimpin dalam Islam memahami jika jabatannya kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Oleh sebab itu seorang kepala negara dalam sistem Islam akan menjamin setiap jiwa bisa tercukupi kebutuhannya dan terlindungi urusannya.

Hanya dengan sistem Islam inilah, masyarakat akan hidup sejahtera lahir dan batin. Karena itu, mengupayakan agar Islam bisa diterapkan secara sempurna, dalam kehidupan merupakan tugas yang mendesak bagi setiap diri umat.

Wallahualam bissawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *