Opini

Pemenuhan Kebutuhan Rumah dalam Islam

84
×

Pemenuhan Kebutuhan Rumah dalam Islam

Sebarkan artikel ini

Oleh : Henny

 

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Tanpa memiliki rumah, berarti kebutuhan primer manusia belum terpenuhi. Rumah menjadi tempat berteduh yang aman dan nyaman bagi keluarga. Kondisi rumah yang layak sudah pasti menjadi impian banyak orang. Rumah adalah tempat bernaungnya keluarga, tempat berlindung dari segala keburukan yang berasal dari luar.

Jika dilihat dari realita yang ada, ternyata masih banyak sekali masyarakat yang belum memiliki rumah tetap untuk disinggahi. Salah satu alasan masyarakat tidak memiliki rumah ialah karena pendapatan mereka tidak sebanding dengan harga rumah. DP dan cicilan yang tinggi di tengah pendapatan yang minim, membuat masyarakat memilih untuk tidak membeli rumah. Harga properti yang semakin mahal, jasa tukang dan bahan material yang tinggi masih menjadi masalah yang tidak pernah tuntas hingga kini.

BI mencatat harga properti residensial yang mencapai 1,89 persen pada kuartal I 2024. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2023. BI juga mencatat perkembangan harga rumah tipe menengah dan besar pada kuartal I 2024 yang terindikasi masih meningkat meski tidak setinggi kuartal sebelumnya. Peningkatan penjualan properti pada kuartal I 2024 terjadi pada seluruh tipe rumah. Faktor yang mendorong peningkatan penjualan antara lain : kenaikan harga bangunan (37,55 persen), masalah perizinan (23,7 persen), suku bunga kepemilikan rumah / KPR (21,43 persen), dan proporsi uang muka yang tinggi dalam pengajuan KPR (17,31 persen). (CNN INDONESIA / 16 Mei 2024)

Nyata sekali, semakin hari harga rumah semakin mahal. Makin jauh dari jangkauan rakyat terutama rakyat miskin. Di sisi lain pemerintah mengeluarkan program rumah murah namun ternyata tidak berhasil memenuhi kebutuhan rumah. Mahalnya rumah disebabkan oleh mahalnya bahan bangunan akibat penerapan sistem ekonomi kapitalis, dimana SDA dikelola oleh perusahaan bukan negara. Dalam kapitalisme, segala sesuatu yang dapat menghasilkan keuntungan materi maka akan dikomersilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *