Opini

Pajak Dalam Sistem Kapitalis Tidak Bisa Menyelesaikan Permasalah Negara

50
×

Pajak Dalam Sistem Kapitalis Tidak Bisa Menyelesaikan Permasalah Negara

Sebarkan artikel ini

Oleh Risky Febriyanti

Jakarta, CNBC Indonesia – Penerimaan pajak anjlok pada Maret 2024. Sejumlah setoran pajak beberapa sektor industri turun drastis seperti industri manufaktur hingga industri pertambangan.

Jayapura (ANTARA) – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menemukan dua perusahaan di Papua memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) dalam beberapa tahun terakhir senilai Rp1 miliar.

Fakta di atas menunjukkan bahwa pajak tidak bisa menyelesaikan permasalah kebutuhan negara. Apalagi dalam sistem kapitalis hari ini, pajak hanya menyengsarakan rakyat tanpa ada perbaikan dalam pembangunan ataupun pembelanjaan negara.
Penarikan pajak tidak memberikan solusi bagi kondisi negara dan bagi rakyat, masih banyaknya rakyat miskin yang belum bisa memenuhi kebutuhan hidup, yang seharusnya kewajiban negara dari penarikan pajak ini, infrastruktur negara yang rusak dan pengalokasian anggaran tidak tepat seperti pembangunan yang tidak dibutuhkan rakyat seperti pembangunan IKN.

Selain tidak dilibatkannya rakyat dalam pengalokasian anggaran pajak, dana pajak juga rawan korupsi. Tidak jarang pegawai pajak terjerat kasus korupsi dana pajak. Maka semakin panjang permasalahan yang dihasilkan dari sistem pajak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *