Opini

Mari Bersuara: Bebaskan Palestina dengan Satukan Muslim Sedunia!

133

Oleh: Ermalianti, M.Pd

(Akademisi)

 

Berbagai liputan media Indonesia menginfokan aksi bela Palestina yang diikuti ribuan massa di depan gedung Kedubes Amerika Serikat di Jalan Merdeka Selatan pada Sabtu, 8 Juni 2024 di Jakarta. Mereka mendesak AS agar menghentikan dukungannya terhadap Israel yang terus menyerang rakyat Palestina. Selain itu, massa aksi juga menuntut agar pemerintah Indonesia menurunkan pasukan perdamaian di wilayah Palestina. (Metrotvnews.com)

Aksi diikuti dari berbagai kalangan termasuk perempuan dan anak-anak atas dorongan keimanan tidak hanya kemanusiaan saja. Aksi tersebut oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan sebanyak 1.347 polisi dikerahkan mengawal aksi bela Palestina tersebut.

Di Jawa Barat oleh Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mendorong para mahasiswa Indonesia untuk ikut menggelar aksi seperti yang dilakukan oleh mahasiswa di Amerika Serikat. Aher mengatakan “Malu kita mereka kampus-kampus Amerika, bukan negeri muslim. Mereka pun beragama nasrani kebanyakannya. Tapi demo mereka luar biasa membela bangsa Palestina”. (KumparanNEWS)

Tidak hanya di Jakarta dan Jawa Barat, seruan aksi pro-Palestina juga dilakukan di berbagai tempat di Indonesia, bertepatan dengan makin masifnya serangan Israel ke Gaza khususnya Rafah. Operasi militer Israel di Gaza menurut otoritas kesehatan Palestina menewaskan 36 ribu jiwa.

Aksi bela Palestina harus terus kita lakukan sebagai upaya pengecaman kita terhadap genosida yang dilakukan oleh Israil harus segera diakhiri. Hukum internasional tidak ada fungsinya sehingga aksi dilakukan oleh seluruh negara di dunia. Termasuk negara-negara Barat yang itu minoritas muslim.

Dorongan utama kenapa kita sebagai muslim harus melakukan pembelaan terhadap Palestina adalah karena akidah Islam. Menyerukan Islam ke tengah-tengah masyarakat merupakan salah satu tugas utama yang dibebankan ke pundak umat Islam sebagai satu kesatuan. Kaum muslim diperintahkan untuk menyebarluaskan Islam dan meninggikan Islam di antara agama-agama dan ideologi lainnya. Aktivitas dakwah ini bukanlah pekerjaan misionaris yang bersifat individual, tujuan dakwah merupakan kemuliaan Islam. Tidak akan dapat diraih bila dilakukan hanya melalui upaya-upaya individual, tanpa melibatkan peran serta negara.

Exit mobile version