Opini

Mampukah Merdeka Belajar Wujudkan Generasi Berkualitas

73
×

Mampukah Merdeka Belajar Wujudkan Generasi Berkualitas

Sebarkan artikel ini

Oleh: Silmi Zainal

(Aktivis Muslimah)

 

Jalannya sistem pendidikan tak akan luput dengan yang namanya kurikulum. Karena kurikulum yang mengatur seluruh perangkat pembelajaran baik penilaian dan mata pelajaran. Oleh sebab itu kurikulum sangat penting dalam suatu pendidikan.

Kurikulum dalam pendidikan di Indonesia sekarang ini menggunakan kurikulum merdeka, yang merupakan perombakan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Artinya kurikulum dibuat tergantung siapa yang menjadi pemimpin dan siapa yang menjadi menteri pendidikannya.

Kemendikbud ristek berencana meresmikan kurikulum merdeka sebagai kurikulum nasional peresmian tersebut menyebabkan kontroversi. Seperti halnya organisasi nirlaba Barisan Pengkaji Pendidikan (BAJIK) misalnya. BAJIK menilai kurikulum merdeka tak layak jadi kurnas, mereka juga meminta agar kurikulum merdeka dievaluasi secara total dan menyeluruh.

Menurut Direktur Eksekutif Bajik Dhita Puti Sarasvati, kurikulum merdeka masih compang camping. Maka dari itu, banyak kelemahan yang harus diperbaiki. Di lansir dari Detik edu 26/02/2024
Berdasarkan fakta tersebut, bahwasanya kurikulum merdeka belum layak jika di jadikan kurikulum nasional. Alih-alih menjadi kurikulum nasional penerapannya saja di lembaga pendidikan belum layak jika di terapkan. Jika kurikulum merdeka masih compang camping akan menghasilkan generasi yang compang camping juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *