Opini

Kriminalitas Merajalela, Apa yang Salah?

101
×

Kriminalitas Merajalela, Apa yang Salah?

Sebarkan artikel ini

Oleh: Izzah Hakimah

(Aktivis Muslimah)

 

Dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID, terjadi kasus pembunuhan di daerah Ciamis, seorang suami memutilasi istri. Polisi telah menetapkan TR seorang suami yang memutilasi istrinya YN di Dusun Sindangjaya, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jumat (3/5/2024) kemarin sebagai tersangka. Penetapan tersangka berdasarkan pemeriksaan saksi dan olah tempat kejadian perkara.

 

Berdasarkan informasi, pelaku yang tega menghabisi nyawa istrinya sendiri karena depresi, dikarenakan pelaku yang merupakan bandar sapi dan kambing diduga mengalami kebangkrutan. Komar selaku warga sekitar memaparkan, pelaku dan korban adalah warga baru di desa tersebut. Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa pelaku dan korban adalah warga pindahan dari Rajadesa dan baru dua tahun tinggal di Cisontrol.

 

Tak hanya itu saja banyak masalah yg terjadi saat ini, salah satunya penganiayaan seorang senior di kampus. Masalah yang terjadi bukanlah masalah sepele melainkan yang berhubungan dengan nyawa manusia. Penyebab terjadinya ini semua karena kurangnya pemahaman mabda’ Islam, yakni islam sebagai solusi yang mampu mengatur dan menyelesaikan problematika umat.

 

Memandang dengan Kacamata Islam 

Islam adalah rahmatan lil’alamin, yakni rahmat bagi seluruh alam. Di dalam sistem Islam semua sudah komplit baik hukum maupun tata cara pelaksanaannya, tak hanya masalah ibadah saja, akan tetapi Hablum minan naas dan Hablum minan nafsi diatur oleh Allah SWT.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *