Berita

Kota Payakumbuh Terus Berjaya, Raih Juara Pertama Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan Sumbar 2024

45
×

Kota Payakumbuh Terus Berjaya, Raih Juara Pertama Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan Sumbar 2024

Sebarkan artikel ini

Nusantaranews.net, Payakumbuh – Kota Payakumbuh kembali mencetak prestasi gemilang dengan memenangkan lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan tingkat Sumatera Barat (Sumbar) untuk kelima kalinya berturut-turut. Sejak 2019, Payakumbuh selalu menempati peringkat pertama, dan tahun ini, inovasi “Komba Milea” berhasil mengantarkan kota ini ke puncak kejayaan.

 

Komba Milea, sebuah kompor berbahan bakar minyak jelantah berbasis Solar Cell, digagas oleh Afriandi dari IKM Andira. Inovasi ini tidak hanya menjadi solusi ramah lingkungan tetapi juga efisien secara ekonomi.

 

“Saya sangat bangga sekali dengan inovasi ini, apalagi saat ini isu pencemaran lingkungan lagi seksi-seksinya dibahas di forum internasional. Anak nagari kita hadir di sini menjawab tantangan itu,” kata Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, dalam sambutannya Selasa (11/06/2024) di Payakumbuh.

 

Inovasi ini bertujuan mengurangi limbah minyak goreng yang dihasilkan industri kuliner, sekaligus menawarkan alternatif energi pengganti gas dan listrik yang lebih terjangkau.

 

“Dengan adanya kompor berbahan bakar minyak jelantah berbasis energi Solar Cell ini, secara tidak langsung dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah industri,” tambah Suprayitno.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *