Berita

Kilang Pertamina Unit Balongan Bekali Warga Binaan Lapas dengan Keahlian

46
×

Kilang Pertamina Unit Balongan Bekali Warga Binaan Lapas dengan Keahlian

Sebarkan artikel ini

Jakarta, nusantaranews.net – Kilang Pertamina Internasional (KPI) melalui Kilang Balongan bekerjasama dengan Lapas Balongan menjalin sinergi untuk melaksanakan program pemberdayaan warga binaan di Lapas Balongan. Program ini sudah berjalan secara berkesinambungan selama 5 tahun.

Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen menyampaikan program yang dilaksanakan berupa pengelolaan sampah yang terintegrasi dengan pertanian dan perikanan. Program tersebut berawal dari kondisi lingkungan Lapas yang memiliki sampah yang belum diolah.

“Perusahaan menginisiasi untuk membuat program pengolahan agar lingkungan dapat bersih tetapi dapat menghasilkan manfaat ekonomi dan ilmu bagi para napi,” terang Hermansyah. Senin (27/5)

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi wadah untuk membentuk warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia yang lebih baik, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindakan pidana sehinga dapat kembali diterima di masyarakat. Ketika mereka kembali kemasyarakat, mereka dapat kembali berperan sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggungjawab. Untuk itu diperlukan modal dasar bagi mereka yaitu kemampuan berusaha. Inilah yang menjadi pertimbangan KPI bekerja sama dengan Lembaga Pengelola (Lapas) Kelas IIB Indramayu.

Untuk menjalankan program yang direncanakan, dibentuklah kelompok warga binaan laki-laki dengan nama Bimasakti, sementara untuk perempuan dibentuk kelompok Srikandi. Agar benar-benar bermanfaat, warga binaan yang masuk kelompok tersebut harus yg memiliki sisa masa tahanan maksimal 3 tahun lagi. Saat ini terdapat penerima manfaat sebanyak 25 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *