Opini

Kasus Asusila di Kalangan Mahasiswa, Bukti Krisis Moral di Sistem Kapitalis

56
×

Kasus Asusila di Kalangan Mahasiswa, Bukti Krisis Moral di Sistem Kapitalis

Sebarkan artikel ini

 Oleh Ria juwita

MUA Syar’i dan Pendidik Generasi

 

Beberapa waktu lalu, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel menjadi viral lantaran tersebarnya video asusila, yang diduga dilakukan mahasiswa di kampus tersebut. Kejadian tersebut saat ini masih dalam proses investigasi pihak kampus.

“Kalau lihat gedungnya tempatnya, karena itu diambil dari jarak jauh kan, dan gedungnya seperti di Uinsa, di kampus Gunung Anyar,” kata Abdul Muhid. Beliau merupakan rektor UIN Sunan Ampel yang membenarkan adanya video tersebut. Dikutip dari media online CNNIndonesia.com.

Kasus yang terjadi di kampus berbasis keagamaan ini, menunjukkan semakin jauhnya aturan Islam dan semakin nyata liberalisasi pendidikan di Indonesia. Liberalisasi pendidikan ini menyebabkan rusaknya moral dan pemikiran dikalangan mahasiswa, hal ini  mengakibatkan hilang arahnya standar kehidupan yang benar.

Banyak faktor yang melatarbelakangi terbentuknya kerusakan pemikiran dan perbuatan para mahasiswa di negeri ini, diantaranya sistem pendidikan dengan kurikulum saat ini yang telah gagal membentuk kepribadian mahasiswa yang berkualitas. Hal ini terjadi karena sistem pendidikan saat ini terlahir dari sistem kapitalis sekuler yang aturannya di buat oleh manusia.

Selain itu, hilangnya peran keluarga sebagai basis utama didalam mendidik generasi juga menjadi salah satu faktor rusaknya pemikiran generasi. Terutama peran ibu, seharusnya menjadi madrasah pertama bagi setiap anak. Hilangnya peran ibu disebabkan, ibu harus ikut terlibat mencari nafkah. Selain hilangnya peran ibu dalam mendidik anak, ketidakterlibatan ayah pun menjadi faktor hilangnya kualitas generasi.  Karena Ayah disibukkan untuk mencari nafkah, guna memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup yang semakin berat di era kapitalisme ini.

Lingkungan masyarakat pun ikut andil dalam menentukan baik dan tidaknya generasi. Masyarakat seharusnya menjadi benteng sosial untuk menjaga moral dan norma. Tetapi masyarakat dalam sistem kapitalis sudah terlalu dilenakan dengan urusannya masing-masing sehingga sifat individualis dalam sistem ini sangat menjamur di masyarakat.

Lemahnya hukum pun ikut menjadi andil dalam rusaknya generasi. Hukum yang lemah dan tidak menjerakan membuat mereka merasa tidak takut akan sanksi yang akan mereka dapatkan. Hal ini membuat semakin banyaknya syariat, kriminalitas, sampai kerusakan moral yang terjadi di masyarakat.

Sudah  sangat jelas penyebab kerusakan moral generasi termasuk didalamnya mahasiswa adalah sistem kapitalis sekuler yang masih diterapkan di negeri ini.

Oleh karena itu, umat harus makin sadar, bahwa kapitalisme yang diterapkan di negeri ini sudah sangat jelas, mengakibatkan kerusakan di semua sendi kehidupan termasuk di sistem pendidikan yang melahirkan generasi yang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *