Opini

Islam Kaffah Mampu Mengatasi Banjir Dan Jalan Rusak

75
×

Islam Kaffah Mampu Mengatasi Banjir Dan Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini

By : Lisa Agustin
Pengamat Kebijakan Publik

 

Banjir yang melanda 35 kampung yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, sejak Senin (13/5) hingga Kamis (16/5) membuat terputusnya akses jalan dari Kutai Barat sampai ke Mahakam Ulu.

Kepala Basarnas Kaltim Dody Setiawan mengatakan akses jalan dari Samarinda ke Kutai Barat masih normal. Namun akses jalan dari Kutai Barat ke Mahakam Ulu banyak yang tertutup karena banjir cukup besar akibat luapan sungai. Banyak kawasan permukiman penduduk terendam banjir.

Banjir yang melanda Mahakam Ulu akibat limpahan arus deras bagian hulu Sungai Mahakam, yakni bersumber dari Sungai Long Apari (Kabupaten Mahakam Ulu) dan Sungai Boh (Kabupaten Malinau-Kalimantan Utara). (cnnindonesia.com, 16/05/2024)

Kegagalan Sistem Kapitalisme

Sungguh malang nasib warga Kabupaten Mahakam Ulu yang berhari-hari dikepung banjir. Butuh waktu hingga 4 hari untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah akibat rusaknya akses jalan menuju kota.

Akses jalan rusak di Kutai Barat dan Mahakam Ulu sebenarnya sudah pernah dikeluhkan warga. Tapi belum ada realisasinya. Saat tidak ada curah hujan saja warga kewalahan, apalagi masuk musim hujan semakin menambah problem masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan mengancam nyawa.

Inilah bentuk kegagalan penguasa dalam sistem kapitalisme. Mereka abai terhadap kebutuhan rakyatnya. Keluhan rakyatnya pun sangat lambat direspon. Miris sekali.

Penguasa dalam sistem kapitalisme hanya mementingkan kelancaran akses jalan untuk kelancaran ekonomi para pemodal dibandingkan dengan rakyat jelata. Buktinya pembangunan tidak merata.

Fasilitas jalan mulus hanya ada di kota-kota besar yang dihuni oleh konglomerat atau karyawan bergaji diatas UMR. Berbeda dengan warga kabupaten yang mayoritas penduduknya adalah bertani atau berwirausaha.

Padahal Rasulullah saw pernah bersabda:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *