Opini

Harga Beras Naik, Siapa Yang Sejahtera?

697
×

Harga Beras Naik, Siapa Yang Sejahtera?

Sebarkan artikel ini

Oleh : Hening

 

Belum makan, kalau belum makan nasi?
Begitulah jargon yang menggambarkan kebiasaan orang Indonesia dari dulu sampai sekarang.

Namun apa jadinya jika beras yang merupakan kebutuhan pokok sumber dari nasi kian hari kian melonjak naik harganya?

Banyak fakta di sodorkan bahwa harga beras akan terus mengalami kenaikan.
Pemerintah memutuskan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium diperpanjang hingga satu bulan ke depan. Relaksasi HET beras premium saat ini berlaku pada 10 Maret sampai 23 Maret.
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, perpanjangan relaksasi HET beras premium juga sembari menyesuaikan harga gabah kering panen (GKP) turun.

Sebenarnya harga beras yang terus melonjak naik sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, sebab sebelumnya harga beras memang sudah mahal dan sering meresahkan masyarakat. Bahkan bukan hanya masyarakat umum saja yang merasa resah, para petani yang seharusnya merasa di untungkan dengan naiknya harga beras, pada kenyataannya mereka malah mengeluh lantaran penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah dan beras tidak mengalami kenaikan.

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P. Sasmita, menyampaikan, kenaikan HET beras sebetulnya hanya formalitas sebab pada kenyataannya harga beras sudah lama bergerak di level Rp13.000 per kilogram hingga Rp15.500 per kilogram, baik untuk jenis premium maupun medium.

Di sisi lain, penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah dan beras dinilai sangat tidak membantu petani. Pasalnya, sejak harga beras melonjak, HPP tidak mengalami kenaikan, sehingga petani sama sekali tidak ikut menikmati kenaikan harga beras yang sangat tajam sejak akhir tahun lalu. Hal itu, kata dia, kian diperburuk dengan mahal dan langkanya harga pupuk, yang membuat biaya produksi petani semakin mahal, membuat petani semakin tak menikmati kenaikan harga beras selama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *