Opini

HANYA ISLAMLAH YANG MEMBERIKAN SOLUSI DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN

104
×

HANYA ISLAMLAH YANG MEMBERIKAN SOLUSI DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN

Sebarkan artikel ini

Oleh: Emy

(ibu rumah tangga).

Saat ini viral emak-emak peminta sedekah paksa yang bernama Rosmini saat ini diamankan oleh petugas Satpol PP dan Dinsos Bogor, sebenarnya Rosmini mempunyai keluarga di Solo yang akan menjemput pulang, hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kabupaten Bandung Rahmatullah Mukti Prabowo.

Rosmini sebenarnya mempunyai 3 orang anak, tetapi tidak diketahui dimana keberadaan anaknya, kalau suaminya memang sudah lama meninggal dan Rosmini sempat tertera sebagai orang terlantar di Dinsos Kabupaten Bandung, juga kerap ditemukan dibeberapa tempat tetapi baru kali ini menjadi viral karena tingkah lakunya yang meminta sedekah secara paksa, disamping itu Rosmini mengalami sedikit gangguan kejiwaan begitu yang diungkapkan Prabowo.

Sungguh Miris kalau kita melihat fakta yang terjadi tentang orang-orang terlantar, mungkin hanya sebagian saja yang terdeteksi keberadaannya, masih banyak Rosmini lain yang hidupnya tidak menentu, bahkan tidur diemperan toko dikolong jembatan, jadi mana Undang-undang yang menyatakan bahwa “orang miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara” apakah itu hanya teori saja..?

Penyakit sosial masih kerap terjadi diberbagai daerah di Indonesia, terlebih kabupaten Bandung. Pengemis setiap tahun bukannya berkurang tetapi malah semakin bertambah, Dinas sosial selalu melakukan razia dan menjaring para pengemis jalanan dan tunawisma, namun mereka tidak jera dan tetap kembali kejalanan, mereka dilepaskan kembali dengan berbagai alasan, ini menunjukkan betapa lemahnya perlindungan negara terhadap rakyatnya.

Razia dilakukan tanpa memberikan solusi tuntas agar mereka mendapatkan kehidupan yang layak, banyak alasan yang melandasi mengapa mereka seperti itu, diantaranya sulitnya lapangan pekerjaan, mau usaha tidak punya modal dan ada juga yang merasa nyaman tidak perlu kerja tetapi selalu mendapatkan uang yang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *