Opini

Hanya Islam yang Mampu Menjamin Perumahan Rakyat

67
×

Hanya Islam yang Mampu Menjamin Perumahan Rakyat

Sebarkan artikel ini

Oleh Ummu Syifa
Aktivis Muslimah

Bertambahnya jumlah penduduk meniscayakan bertambahnya kebutuhan rakyat terhadap perumahan. Namun, harga rumah akhir-akhir ini menjadi melangit dan tidak terjangkau oleh rakyat. Di sisi lain program pemerintah sangat minim sekali dalam mengupayakan tercukupinya kebutuhan rumah bagi rakyat. Berdasarkan laporan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) melaporkan bahwa tercatat pada kuartal IV/2023 harga properti melonjak 1,74% dibanding tahun sebelumnya ( year on year/yoy). (ekonomi.bisnis.com, 20/02/2024)

Di dalam negara yang menerapkan sistem kapitalis sekuler saat ini, mahalnya harga rumah dipicu dari banyak faktor, di antaranya adalah mahalnya bahan bangunan karena sumber daya alam (SDA) dikelola oleh perusahaan, bukan oleh negara.

Sumber daya alam seperti gunung, hutan, yang merupakan sumber penghasil batu, pasir, kayu yang mutlak diperlukan dalam pembuatan rumah yang seharusnya dikuasai dan dikelola oleh negara, kini pengelolaannya diserahkan kepada swasta, baik swasta nasional maupun swasta asing yang berorientasi kepada keuntungan. Oleh karena itu, tidak heran bahan-bahan bangunan mengalami kenaikan harga dan menyulitkan rakyat dalam memenuhi kebutuhan perumahan mereka. Sehingga banyak di antara rakyat yang harus mengontrak dengan biaya yang mahal. Selain itu, orang-orang yang tidak mampu menyewa banyak memilih tinggal di jalan atau emperan karena saking beratnya kehidupan mereka. Betapa tidak, selain beratnya memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mahal seperti makan, minum dan transportasi mereka pun harus memikirkan uang sewa rumah yang tidak sedikit untuk setiap bulannya atau tahunnya. Sudah saatnya kita campakkan sistem kapitalisme ini yang telah terbukti menyusahkan dan menyengsarakan rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *