Berita

Fokus Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok Pemkab Solok Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024

48
×

Fokus Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok Pemkab Solok Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Nusantaranews.net – Fokus Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok Pemkab Solok Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024, Senin (27 Mei 2024) di Ruang Rapat Sekretasis Daerah Kab Solok.

Menghadiri Staf Ahli Bupati Eva Nasri, SH.MM,Kepala Dinas Sosial Mulyadi Marcos ,SE. MM, Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Joni, S.STP, M.Si, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kab Solok Yossi Agusta, SP, M,Si, Pimpinan OPD/yang mewakili serta perwakilan instansi terkait.

Rapat Pengendalian Inflasi Daerah dipimpin oleh Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir, dalam paparannya Tomsi menekankan rakor ini merupakan salah satu bentuk usaha kita untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kab/Kota yang telah bersama-sama berupaya untuk pengendalian inflasi di masing-masing daerah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan,” Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kab/Kota yang telah  berhasil menekan harga kebutuhan pangan di bawah rata-rata nasional, kami berharab agar hal ini bisa dipertahankan.”

Bahkan,” Kami sangat berharap kepada seluruh pihak dan elemen agar menanggapi masalah inflasi ini dengan serius agar bisa berdampak maksimal kepada kab/kota yang mengalami inflasi,” tegasnya.

Dalam catatan Kemendagri pada bulan Mei 2024 terus terjadi inflasi. Sebagai penguat andil inflasi tertinggi adalah komponen harga yang bergejolak.

Berdasarkan pemantauan harga sampai minggu ke empat bulan Mei 2024 ini, perbandingan harga beberapa komoditas antara bulan Mei dengan bulan April 2024 cenderung pada kisaran yang tetap dengan sedikit fluktuasi.

Perbandingan harga bawang merah dan cabai merah bulan Mei dengan April 2024 yang tinggi mengindikasikan potensi inflasi dari dua komoditas ini, meskipun demikian terlihat penurunan dari minggu keminggu pada bulan Mei 2024.

“Kami juga sangat berharap dukungan-dukungan dari Dinas Pertanian kab/kota untuk pemberian benih, bibit serta pupuk agar ikut andil dalam penurunan resiko inflasi di kab/kota masing-masing,” tuturnya.

Setelah pelaksanaan Rakor bersama Kemendagri RI, Pemerintah Kabupaten Solok melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab Solok turun  langsung ke Pasar Muara Panas Kec. Bukit Sundi guna survey lapangan terkait harga kebutuhan bahan pokok agar  kestabilan  harga di Kab Solok terlaksana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *