Berita

Ketum LBH PWRI Darmawan, Apresiasi Langkah DPK Apdesi Kecamatan Pugung

112
×

Ketum LBH PWRI Darmawan, Apresiasi Langkah DPK Apdesi Kecamatan Pugung

Sebarkan artikel ini

Tanggamus (Nusantaranews.Net) Lampung, Ketua Umum LBH PWRI, yang juga menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Wartawan Republik Indonesia Provinsi Lampung, menyampaikan keprihatinannya melihat dan mendengar pemberitaan di media online, terkait dugaan ketidak keprofesionalan pihak Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanggamus Lampung, dalam pelaksanaan rekrutmen PPK di Kecamatan Pugung. Minggu, (26/05/2024)

Darmawan, mengapresiasi langkah DPK Apdesi Kecamatan Pugung yang melayangkan surat ke pihak KPU, itu adalah bentuk kontrol kepada lembaga penyelenggara pemilu yang seharusnya memahami kode etik dan pedoman perilaku untuk menjamin tegaknya integritas, kehormatan dan martabat penyelenggara Pemilu.

Dalam komunikasinya. Darmawan, SH,.MH. juga menjelaskan, “Pasal 3 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan ada 11 prinsip penyelenggara pemilu, yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

Jika mengacu penjabaran dan penafsiran pasal itu. Pada rekrutmen PPK Kecamatan Pugung, ada peserta yang mendapat nilai tertinggi tanpa alasan yang jelas pihak KPU menjadikannya cadangan lantaran peserta yang mendapat nilai jauh 11 poin di bawah justru lolos, yang katanya dia adalah adik kandung dari salah satu Komisioner.

Itu wajar saja masyarakat di Kecamatan Pugung mempertanyakan bahkan semua pihak yang meragukan “Patut diduga para pihak KPU Tanggamus tidak transparan dalam melaksanakan proses seleksi calon anggota PPK untuk Kecamatan Pugung,” ungkap pria yang berprofesi sebagai lawyer itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *