Berita

Bupati Solok Buka Pelatihan Bisnis dn Wirausaha

67
×

Bupati Solok Buka Pelatihan Bisnis dn Wirausaha

Sebarkan artikel ini

Nusantaranews.net – Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Tahun 2024 dengan tema “Dengan Pelatihan Manajemen Kita Tingkatkan Pengelolaan Sentra IKM Secara Profesional”, Kamis (27 Juni 2024) di Solok Premier Hotel.

Dihadiri Bupati Solok diwakili Staf Ahli. Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan : Eva Nasri, SH, MM, Kepala DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Kepala OPD, Camat X Koto Singkarak Crismon Dharma, S.IP, Pelaku UMKM dan IKM Peserta Pelatihan.

Laporan Ketua Pelaksana oleh Kepala DKUKMPP, peserta dari kegiatan ini merupakan pengusaha IKM Keripik Ubi di Nagari Sumani yang menjadi Bagian dari DAK Perindustrian Tematik Pariwisata yang diikuti oleh 25 Orang Peserta.

Alasan dari Nagari Sumani ini dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan DAK Perindustrian Tematik Pariwisata ialah berdasarkan hasil survei dan evaluasi kementerian perindustrian bahwa lokasi pelaksanaan DAK Perindustrian Tematik Pariwisata adalah di sentra yang berada dalam radius lokasi pariwisata dalam hal ini ialah Danau Singkarak.

Kepada peserta disamping melaksanakan pelatihan juga diberikan bantuan peralatan kepada masing-masing kelompok, dalam hal ini sebanyak tiga kelompok, berupa Dom Penjemuran untuk menjemur keripik ubi untuk meningkatkan kualitas produk, Mesin Pengupas dan Alat Pengiris.

Nama kelompok penerima manfaat adalah Kelompok Maju Bersama, Kampung Saiyo, dan Saiyo Sakato.

Kampung Sumani sentra keripik ubi merupakan sentra penghasil Cenderamata di Kabupaten Solok, Untuk itu mohon dukungan kepada seluruh pihak agar dapat membantu mengembangkan dan mempromosikan kampung Sumani sebagai salah satu daerah penghasil oleh-oleh khas Kabupaten Solok.

Sambutan Camat X Koto Singkarak,”Kami selaku Camat sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Solok yang telah menginisiasi kegiatan ini menjadi suatu prioritas yang mana hal ini kita harapkan bisa terus berkelanjutan hingga program peningkatan ekonomi melalui perindustrian tematik pariwisata ini bisa sukses.”

Semoga kita bisa berkolaborasi disamping ingin meningkatkan perekonomian kita hal ini juga meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah kita, harapnya.

“Cita cita kita kedepannya melalui hal ini semoga produk IKM kita di Sumani bisa dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.

Harapan kami kepada seluruh pelaku usaha agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan ini dengan serius sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita bersama,” ujarnya.

Sambutan Staf Ahli Bupati menyampaikan

permintaan maaf dari Bupati Solok yang tidak dapat hadir bersama kita, semoga tidak mengurangi arti dari kegiatan kita pada hari ini.

Apresiasi kepada Kepala DKUKMPP beserta jajaran sehingga bisa memperoleh Dana Alokasi Khusus untuk meningkatkan kualitas perindustrian di Kabupaten Solok sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan ini.

Dalam pengelolaan bisnis tentu memerlukan strategi yang mumpuni, untuk itu pemerintah berperan untuk membina para pelaku usaha dalam menciptakan strategi bisnis yang dapat membantu perkembangan usahanya.

Semoga melalui hal ini bisa terus membangkitkan perekonomian kita sehingga bisa mewujudkan cita-cita kita bersama untuk menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

Agar Bisnis bisa terus berjalan perlu tekat dan keseriusan kita untuk itu kita berharap seluruh peserta senantiasa semangat dan tekun untuk menjalani bisnis yang dijalankan.

Di era kemajuan teknologi mari kita menyesuaikan diri dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pengembangan bisnis dan industri sesuai perkembangan zaman.

“Kita berpesan mari selalu berinovasi karena hal ini penting bagi perkembangan perindustrian kita kedepannya. Mari selalu menjaga sinergitas dan kolaborasi antara sesama kita demi mendukung kemajuan perindustrian kita di kabupaten Solok,” ulasnya.

Dilanjutkannyae,” Kita berharap melalui pelatihan ini dapat memberikan ilmu yang berdampak dalam pengembangan perindustrian di Kabupaten Solok kedepannya.”

Bupati Solok diwakili Staf Ahli membuka secara resmi Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Tahun 2024

Penyerahan Apresiasi oleh Bupati Solok kepada pelaku IKM pelopor keripik ubi a.n Ibu Nuraini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *