Opini

Bencana Demografi, Gen Z Sulit Jemput Rizki

97
×

Bencana Demografi, Gen Z Sulit Jemput Rizki

Sebarkan artikel ini

Oleh: Ummu Almahira

(Aktivis Muslimah)

Problem pengangguran memang masih menjadi PR besar bagi pemerintah di berbagai negara dunia, tidak terkecuali Indonesia. Padahal, pengangguran berbanding lurus dengan kemiskinan. Sedangkan kemiskinan memicu kerawanan sosial, sekaligus menjadi indikator minimnya tingkat kesejahteraan.

 

Fenomena maraknya pengangguran di kalangan Gen Z ini menjadi ancaman serius menuju Indonesia Emas 2045. Gen Z adalah mereka yang lahir pada 1997 hingga 2012. Pengangguran terjadi dikarenakan jumlah pekerja jauh lebih banyak dari pada lapangan pekerjaan yang disediakan. Selain itu, banyaknya lulusan yang tidak sesuai kebutuhan industri membuat para pemuda sulit menjemput rezeki. Kalau sudah seperti ini, bonus demografi akan berubah menjadi bencana demografi.

 

Mengenal Akar Masalah NEET

Anak muda Indonesia masuk golongan pengangguran tanpa kegiatan atau youth not in education, employment, and training (NEET). Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut ada sejumlah faktor yang membuat banyak anak muda alias Gen Z menganggur. Salah satu faktornya adalah salah memilih sekolah dan jurusan. Lantas apakah benar demikian?

 

Banyak faktor yang menjadi alasan anak muda masuk ke dalam kategori NEET. Antara lain putus asa, disabilitas, kurangnya akses transportasi dan pendidikan, keterbatasan finansial, dan kewajiban rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *