Opini

Ajaran Baru Tiba, Stres Kembali Melanda

72
×

Ajaran Baru Tiba, Stres Kembali Melanda

Sebarkan artikel ini

Oleh Sri Syahidah

(Aktivis Muslimah)

Tahun ajaran baru segera tiba. Para orang tua kembali dibuat pusing dengan berbagai iuran dana pendidikan. Mulai dari uang perpisahan, uang SPP, daftar ulang, PPDB, uang seragam dan berbagai iuran dana pendidikan. Belum lagi kenaikan uang UKT bagi para mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Datangnya tahun ajaran baru terkadang menjadi beban rutin yang dirasakan oleh para orang tua. Ditambah lagi dengan rumitnya prosedur PPDB yang berubah-ubah. Sistem zonasi, pendaftaran online, dan lain sebagainya. Apalagi bagi para orang tua yang memang tidak mengerti tentang sistem teknologi.

Biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi, pendidikan semakin mahal, kesehatan yang juga mahal menjadi pemicu stres pada masyarakat. Tak ada yang menjamin semua itu saat ini. Ditambah beban pajak dari berbagai lini kehidupan. Lengkap sudah penderitaan masyarakat.

*Menyelesaikan Masalah dengan Masalah *

Tingginya biaya pendidikan menjadi PR semua pihak. Dari para orang tua, mahasiswa maupun pihak pemerintah sendiri. Rakyat diberikan kebebasan untuk memikirkan sendiri dari mana mendapatkan biaya pendidikan.

Negara memang tidak lepas tangan sama sekali, negara memang memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa tetapi tidak semua bisa memperolehnya.

Pinjaman Online atau pinjol menjadi pelarian bagi mahasiswa dan orang tua. Bukannya menjadi solusi yang bisa mengatasi masalah, pinjol malah menambah masalah baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *